Hari Ini

CARA KERJA TUTUP RADIATOR

Updated at: 10:32 AM. Under Category: info

Tutup radiator terletak sebagai penutup dari radiator, namun fungsi dari tutup radiator bukan hanya sebagai tutup saja. Tutup radiator memiliki fungsi yang jauh lebih penting daripada hanya sekedar tutup saja. Fungsi lain dari tutup radiator adalah untuk mengatur tekanan air pendingin dalam radiator. Pada saat mesin dihidupkan air pendingin akan menyerap panas mesin, sehingga suhu air menjadi naik. Semakin tinggi panas mesin , maka suhu air pendingin pun ikut naik tinggi juga. Air pendingin ini akan diturunkan  kembali suhunya di radiator agar dapat digunakan kembali untuk menyerap panas dari mesin lagi. Jika suhu air pendingin ini naik, maka tekanan air pendingin pun akan ikut naik juga. Tekanan air pendingin didalam radiator ini diatur agar radiator dapat menampung air pendingin yang panas terdebut dalam radiator dan juga pendingin di mesin dapat terus maksimal / sempurna. Jika suhu air pendingin yang terus naik dibiarkan , maka dapat membuat radiator rusak dan mesin cepat panas. Jadi pemeriksaan dan perawatan tutup radiator mesti diperhatikan.

Baiklah sekarang akan saya jelaskan mengenai cara kerja tutup radiator. Pada tutup radiator tertera angka yang menunjukkan pada tekanan berapa tutup radiator membuka untuk membuang sebagian air pendingin keluar dari radiator. Sebagai contoh di sini saya ambil 0.9. Angka itu menunjukkan pada tekanan 0,9 kg/cm air pendingin di radiator akan dibuang keluar. Air itu tidak dibuang keluar seperti yang anda kira, namun air itu akan dibuang keluar menuju tangki reservoir yang terletak di samping radiator.


Pada tutup radiator terdapat pressure valve ( katup positf ) dan vacuum valve ( katup negatif) yang akan bekerja sebagai berikut:
  • Bila tekanan air melebihi ketentuan seperti yang tertera dalam angka pada tutup radiator , maka pressure valve akan membuka. Dan air dari radiator akan mengalir ke tangki reservoir. Lihat gambar ini !
     
  • Bila tekanan  air di radiator turun dibawah ketentuan sesuai dengan ketentuan yang tertera dalam angka pada tutup radiator. Maka vacuum valve yang akan terbuka sekarang, sehingga air dari tangki reservoir akan kembali masuk ke radiator. Lihat gambar ! 
Sekian cara kerja tutup radiator. Semoga dapat membantu anda memahami dan lebih mengenal tutup radiator.

Tulis Komentar Kamu Disini:

0 Komentar untuk "CARA KERJA TUTUP RADIATOR"

Post a Comment