Hari Ini

KESEIMBANGAN RODA DAN BAN

Updated at: 5:19 AM. Under Category: Sistem kemudi

Keseimbangan roda sepeda motor sangat mempengaruhi kenyamanan penumpang. Roda - roda yang tidak seimbang akan menimbulkan getaran pada badan kendaraan. Roda dikatakan seimbang apabila roda dapat berhenti pada semua posisi sewaktu diputar pada poros yang bebas tanpa hambatan / gesekan yang berarti. Roda menjadi tidak seimbang karena sebab - sebab tertentu seperti keausan yang tidak merata, ban dalam terlipat, atau salah satu jari - jari tidak terpasang. 

Untuk menyeimbangkan roda tidak terlalu sulit karena pada dasarnya jika semua bagian roda tersebut beratnya sama maka roda akan seimbang. Jika bagian tertentu beratnya sama maka roda akan seimbang. Jika bagian tertentu beratnya tidak sama maka roda menjadi tidak seimbang. Untuk itu beri bobot dengan berat tertentu pada bagian yang menyebabkan ketidak seimbangan tersebut.

Pemeriksaan, penyetelan dan perawatan:
  1. Periksa keadaan ban. Permukaan ban yang sudah aus sekali atau harus diganti. Untuk memastikan keausan permukaan ban, periksa dengan teliti kedalaman alur pada telapak ban. 
  2. Ukur tekanan ban depan dan belakang. Besarnya tekanan ban depan dan ban belakang tidak sama. Umumnya besarnya tekanan ban depan lebih rendah daripada tekanan ban belakang. Jangan memberikan tekanan pada ban berlebihan, sesuaikan dengan beban dan ketentuan seharusnya.
  3. Jalankan   sepeda motor lurus ke depan tanpa menghidupkannya. Periksa apakah jejak roda belakang segari dengan jejak roda depan. Jika tidak segaaris, periksalah dengan teliti karena mungkin disebabkan oleh kerangka sepeda motornya atau pemasangan roda - rodanya yang tidak baik. Jika penyebabnya adalah pemasangan roda - roda yang tidak baik, lepaslah roda depan dan roda belakang kemudian pasang kembali dengan benar. Perhatikan jumlah dan tebal ringnya. 
  4. Periksa pelek, jari - jari roda, dan poros roda. Pelek yang retak atau keropos harus segera diganti. Jari - jari yang kendor harus segera dikeraskan. Untuk memeriksa ketegangan jari - jari roda, pukul jari - jari roda dengan benda yang tidak terlalu berat. Jari - jari roda yang tidak berbunyi waktu dipukul mungkin disebabkan oleh kekendoran jari - jari tersebut.
  5. Periksa keseimbangan roda dengan cara memutar roda pada poros yang bebas. Jika bagian tertentu dari roda tersebut selalu berada di bagian bawah berarti roda tidak seimbang. Pasang bobot dengan timah pada bagian yang berlawanan. Putar roda berulang kali sampai didapat kesimbangan yang baik. Keseimbangan roda adalah baik bila roda dapat berhenti pada sembarang posisi setelah diputar. Untuk menjamin keseimbangan roda, perhatikan pemasangan ban dalamnya. Ban dalam yang melipat akan menyebabkan ketidakseimbangan roda. Pemasangan ban luar juga perlu diperhatikan. Pada bagian tertentu dari ban luar harus dipasang pada arah bagian yang berlawanan dengan katup udara untuk menjaga keseimbangan. 
  6. Periksa bearing roda depan dan bearing roda belakang. Bearing yang menimbulkan suara atau putaran yang kasar harus segera diganti. 
Demikianlah perawatan keseimbangan roda dan ban. Semoga dapat berguna untuk Anda dalam melakukan perawatan roda dan ban sepeda motor Anda sendiri.  

Tulis Komentar Kamu Disini:

0 Komentar untuk "KESEIMBANGAN RODA DAN BAN"

Post a Comment