Hari Ini

KOPLING

Updated at: 5:15 AM. Under Category: Sistem kemudi

Banyak sekali istilah kopling di dunia otomotif , dan tak jarang kita sering mendengar istilah kopling . Sebenarnya , apakah itu kopling ? Dan apa fungsi kopling pada mobil atau sepeda motor ? Serta , ada berapa macam kopling ? Baiklah , mungkin banyak sekali pertanyaan yang bisa kita ajukan tentang kopling .

Kopling adalah salah satu unit dari pemindah daya / power train yang berfungsi untuk meneruskan putaran mesin dari roda gila / fly wheelmenuju transmisi / perseneling . Fungsi kopling itu sendiri terdiri atas 2 hal :
  • meneruskan putaran mesin dari roda gila / flywheel ke transmisi/perseneling .
  • memutuskan putaran mesin dari roda gila / fly wheel ke transmisi / perseneling .
Saya akan jelaskan fungsi itu satu demi satu ;

1. Meneruskan putaran mesin

Sumber tenaga gerak pada mobil atau sepeda motor dihasilkan oleh mesin , yang berupa
tenaga putar . Tenaga putar ini diteruskan ke roda melalui sistem pemindah daya ( termasuk
di dalamnya unit kopling ) , sehingga roda pada mobil / sepeda motor dapat berputar


2. Memutuskan putaran mesin

Ketika kita melakukan pengereman dan pindah gigi , kita harusmemutuskan putaran dari mesin ke transmisi / perseneling . Kenapa ? 
  • Jika putaran mesin tidak bisa diputuskan ke transmisi / perseneling , maka kendaraan tersebut tidak akan bisa dihentikan alias kendaraan terus berjalan , karena putaran mesin terus disalurkan ke perseneling hingga ke roda .
  • Di saat kita melakukan pindah gigi pada perseneling , putaran mesin juga harus diputuskan ke transmisi . Jika tidak bisa diputuskan akan mengakibatkan kerusakan pada gigi -gigi yang ada di dalam transmisi , dan perpindahan gigi akan menjadi cenderung susah .


gambar kopling mobil

gambar kopling sepeda motor 


Berdasarkan penjelasan di atas , kita dapat simpulkan bahwa kopling sangat penting perannya dalam mobil / sepeda motor . Dan sampai sekarang unit kopling terus mengalami perkembangan , agar bisa didapat fungsinya semaksimal mungkin pada kendaraan .

Untuk penjelasan macam - macam kopling , akan saya tampilkan pada postingan selanjutnya .

Tulis Komentar Kamu Disini:

0 Komentar untuk "KOPLING"

Post a Comment