Hari Ini

PERINGKAT KAPASITAS AKI

Updated at: 3:35 AM. Under Category: Kelistrikan

Peringkat kapasitas aki adalah pengkelasan aki berdasarkan daya tampung listrik . Seperti kita telah ketahui antara aki sepeda motor dan aki mobil sangat berbeda . Pastinya Anda sudah mengetahui perbedaan itu ! Ukuran aki mobil dan aki sepeda motor jelas menunjukkan perbedaan itu . Tapi perlu anda ketahui , bahwa ukuran aki akan sangat mempengaruhi jumlah plat yang dapat dimasukkan pada aki tersebut . Bukan saja jumlah plat , tapi air aki pun bisa ditampung lebih banyak . Untuk mengingatkan Anda , bahwa aki adalah penghasil listrik secara kimia . Jadi semakin banyak jumlah plat dan air aki yang tertampung , akan meningkatkan jumlah listrik yang dihasilkan . Mobil membutuhkan pemakaian listrik yang lebih besar daripada sepeda motor . Sebuah truk membutuhkan listrik yang lebih besar daripada sebuah sedan atau sebuah minibus . Dimana kita ketahui aki adalah pemberi listrik pada kendaraan , maka besar dan ukuran aki pada kendaraan akan disesuaikan dengan kebutuhan penggunaan dari kendaraan tersebut . Jika aki tidak bisa memenuhi kebutuhan listrik pada kendaraan tersebut , maka dapat dipastikan sistem kelistrikan pada kendaraan tidak akan berfungsi . Namun bila ukuran aki terlampau besar pada kendaraan tersebut , sudah dapat dipastikan hanya menjadi kesia - sian . Tapi kerugian terbesar adalah ruang aki pada kendaraan akan menjadi sangat besar . Coba Anda bayangkan , jika anda pasang aki mobil pada sepeda motor . Bagaimana Anda meletakkan aki tersebut pada sepeda motor ? Tentunya akan sangat sulit . Dan kesan tampilan dari sepeda motor tersebut pasti menjadi lebih besar , bahkan dapat membuat sepeda motor Anda terlihat sangat jelek . Jadi dalam produksi kendaraan otomotif , setiap pabrik sudah merancang kapasitas aki yang cocok untuk sebuah kendaraan . Mereka telah menghitung terlebih dahulu pemakaian listrik yang dibutuhkan pada kendaraan tersebut . Namun terkadang Anda pasti sering menambahkan jumlah pemakaian kelistrikan , seperti klakson , atau lampu besar , dll . Dengan penambahan beban kelistrikan ini akan menuntut jumlah pemakaian listrik yang besar . Bila aki tidak dapat memenuhi suplai listrik tersebut , maka mungkin anda akan mengira aki anda rusak . Eiiiiit eiiiit .. tunggu dulu ! Jika ini sampai terjadi , yang salah bukan pada aki anda . Tapi Anda lah yang telah melakukan penambahan beban pemakaian tanpa menghitung kemapuan aki Anda menyuplai listrik . Jadi penting sekali agar kita mengetahui kapasitan aki yang kita miliki pada setiap kendaraan .

Peringkat kapasitas aki yang digunakan ada 3 macam :
1. Cranking Current Ampere (CCA)
Pada aki yang menggunakan peringkat tipe ini akan menampilkan angka yang diikuti satuan ampere , contoh 300 ampere , 100 ampere . Semakin tinggi angka yang ditunjukkan , berarti kapasitas aki yang ditampilkan semakin besar . Pengukuran rating kapasitas aki ini dilakukan dengan metode sebagai berikut : baterai diisi penuh sehingga dapat memberikan arus untuk 30 detik pada 18 derajat celcius , dan selama itu tetap menjaga tegangan setiap sel 1. 2 volt atau lebih . 
Pastinya Anda masih bingung ! Jadi pemeringkatan aki dengan metode CCA adalah aki yang mau Anda uji harus dalam keadaan terisi penuh listrik atau telah dicharger sampai penuh . Kemudian selama 30 detik anda harus mengeluarkan berapa arus listrik sampai aki itu kosong , namun tegangan setiap selnya tetap 1.2 volt dan suhu air akinya pada suhu 18 derajat celcius . Dan hasil kuat arus listrik inilah yang akan dituliskan pad aki untuk menunjukkan peringkat kapasitas aki tersebut .

2. Reverse Capacity
Metode peringkat kapasitas aki yang kedua adalah banyaknya layanan waktu dalam menit pada baterai yang terisi penuh dapat memberikan arus sebesar 25 ampere pada 27 derajat celcius dan tegangan aki tidak boleh turun dibawah 1.75 volt per sel (10.5 volt untuk baterai 12 volt ) . Pada metode ini peringkat kapasitas aki akan ditunjukkan dalam menit , misal 1000 menit , 2000 menit , dll . Semakin tinggi angka peringkat kapasitas akinya , maka semakin tinggi pula daya kapasitas akinya .

3. Ampere Hour (AH)
Peringkat kapasitas aki metode ini adalah banyaknya arus pada baterai yang terisi penuh dapat menyediakan arus selama 20 jam pada 27 derajat celcius , tanpa penurunan tegangan tiap selnya sibawah 1.75 volt . Rumus menentukan peringkat kapsitas baterai metode ini adalah :
AH = A (Ampere ) x H ( Jam )
Sebagai contoh ; sebuah baterai yang secara terus menerus mengeluarkan arus listrik sebesar 5 ampere sampai aki tersebut kosong yaitu selama 10 jam . Maka kapasitas aki tersebut adalah 50 AH .


Demikianlah penjelasan saya dalam pemeringkatan kapasitas aki , semoga Anda semakin mengenal aki lebih mendalam lagi . Dan saya yakin tulisan ini masih banyak kekurangannya , karenanya saya mohon tinggalkan komentar untuk kritik maupun pertanyaan bagi yang belum jelas dengan materi positngan ini .

Tulis Komentar Kamu Disini:

0 Komentar untuk "PERINGKAT KAPASITAS AKI"

Post a Comment