Hari Ini

TIPS MERAWAT KNALPOT SEPEDA MOTOR

Updated at: 9:59 AM. Under Category: Tips

Agar gas buang dikeluarkan dengan suara yang halus, maka dipasanglah knalpot pada sepeda motor. Knalpot dirancang sedemikian rupa agar knalpot dapat menampung gas buang dan meredam suara dari gas buang sehingga tidak memekakan telinga. Panjang kanlapot dari tiap - tiap sepeda motor berbeda - beda, maka perubahan pada knalpot sepeda motor akan mempengaruhi tenaga mesin dari sepeda motor tersebut.

Konstruksi knalpot sepeda motor 4 tak dan 2 tak berbeda. Pada knalpot sepeda motor 2 tak , terdiri aas 2 bagian yang disambungkan dengan ulir sehingga mudah untuk dilepas. Adapun pelepasan salah satu bagian dari knalpot 2 tak adalah untuk mempermudah dalam membersihkannya , karena gas buang dari sepeda motor 2 tak mengandung oli. Yang mana dalam proses pembakaran di ruang bakar , oli juga ikut terbakar. Sehingga knalpot sepeda motor 2 tak cenderung lebih cepat kotor dibanding  knalpot sepeda motor 4 tak. Sementara knalpot sepeda motor 4 tak hanya terdiri atas satu bagian saja, dan dalam pembersihannya lebih mudah karena oli tidak ikut terbakar.

Langkah pemeriksaan dan perawatan knalpot;
  1. Lepaskan knalpot dari dudukannya.
  2. Bongkarlah knalpot jika memang knalpot bisa dipisah - pisahkan. Tetapi tidak semua knalpot bisa dipisah - pisah.
  3. Bersihkan bagian luar knalpot dengan air.
  4. lalu semprot dengan kompresor atau jemur di panas matahari.
  5. Panaskan dengan api bagian ujung leher knalpot sampai berwarna merah membara kemudian semprot dengan kompresor.
  6. Bersihkan sisa - sisa pembakaran dengan menyenprotkan air panas ke dalan lubang knalpot. Setelah itu keringkan dengan menyemprotnya dengan kompresor atau menjemurnya dibawah sinar matahari. Setelah kering, panaskan lubang knalpot dengan api , kemudian semprotkan udara ke dalam lubang knalpot dengan kompresor.
  7. Bersihkan juga kerak - kerak pada saluran buang di blok mesin. Hati - hati dalam membersihkan saluran buang knalpot , jangan sampai mengaenai piston ( untuk sepeda motor 2 tak ).
  8. Periksa keadaan paking knalpot, Bila sudah rusak , gantilah paking knalpot tersebut. Paking yang rusak akan menyebabkan kebocoran gas buang.
  9. Pasang kembali knalpot pada sepeda motor Anda.
Sekian tips perawatan knalpot pada sepeda motor

Tulis Komentar Kamu Disini:

1 Komentar untuk "TIPS MERAWAT KNALPOT SEPEDA MOTOR"
info yang bermanfaatsaid...
July 29, 2013 at 11:38 PM

butuh knalpot berkualitas dengan harga murah.dapatkan di www.grosirknalpot.com add pin 282f351a 089606072112 tersedia knalpot standar pabrik suara halus.dan segala jenis knalpot racing motor dan mobil


Post a Comment