Hari Ini

Komponen Berpikir

Updated at: 3:18 AM. Under Category: Berpikir

Berpikir itu kegiatan yang tidak banyak disukai. Selain membutuhkan energi, berpikir juga membuat sakit kepala untuk sebagian orang.


Berpikir itu kegiatan penting yang dapat membuat otak tidak cepat tumpul, tapi kenapa hanya otak? Menurut analisis penulis, selain otak ada komponen lain dalam kegiatan berpikir. Mari kita lihat!

Komponen berpikir itu ada tiga, yaitu OTAK, NURANI, dan NAFSU.

- Otak : Otak jelaslah sangat dibutuhkan karena otak adalah 'benda nyata' yang dipakai dalam kegiatan berpikir. Otak membuat kita mampu berpikir hal-hal yang logis dan rasional.

- Nurani : Wew! Ini juga diperlukan banget dalam proses berpikir. Kayak kata orang, 'kepala boleh panas, namun nurani harus tetap dingin', soalnya nurani ini yang mengendalikan pikiran kita agar tetap berada dalam jalur yang positif. Kenapa bukan 'hati'? Soalnya hati itu bisa tercemar dan jadi negatif juga, sedangkan dalam konteks ini nurani adalah hati kecil yang masih bersih.

- Nafsu : Wow! Jangan mikir yang negatif dulu. Meskipun dalam presentase kecil, namun nafsu tetap diperlukan dalam proses berpikir. Seperti vitamin B3 di dalam tubuh yang tetap harus ada namun sedikit. Kalo gak ada nafsu, kita gak akan mikirin hal-hal kayak menjadi orang sukses, gimana dapet nilai bagus, dsb.

Dalam proses berpikir, ketiga komponen itu harus sinergi. Satu aja gak ada bisa repot. Neh :

- Berpikir tanpa otak : Lah! Gimana toh! Mikir gak pake otak? Kalo mikir cuma modal nurani dan nafsu aja kita bisa ngawang alias mengkhayal terus!

- Berpikir tanpa nurani : Ini nih yang gawat dan parahnya, banyak terjadi. Berpikir tanpa nurani sama aja balapan F1 tanpa rem. So? Nabrak dan hancurlah kita. Ini sudah dibuktikan oleh tindakan korupsi dan kriminalitas yang terjadi di masyarakat.

- Berpikir tanpa nafsu : Sekilas bagus ya, tapi ternyata nggak. Tanpa nafsu hidup kita akan datar. Kita gak punya keinginan atau pun tujuan yang hendak dicapai dalam hidup ini.

Nah, udah tahu kan? Jadi, jangan sampe deh kita kehilangan satu dari komponen berpikir itu karena bisa menimbulkan hal-hal yang gak diinginin.

Tulis Komentar Kamu Disini:

1 Komentar untuk "Komponen Berpikir"
Doyan makansaid...
March 18, 2017 at 9:12 PM

Goblok bgt bikin blok tulisan ny kuning. Ga keliatan lah


Post a Comment