Hari Ini

Tips untuk Kamu Kelas 12

Updated at: 11:05 PM. Under Category: Ilmu

Selamat yah udah naik kelas! Akhirnya kalian menjadi senior paling senior di sekolah. Semoga kalian bisa menjadi kakak kelas yang baik dan membimbing adik-adiknya dengan baik.

Wew! Selain itu, ternyata kalian memiliki tantangan besar di depan : Ujian Nasional. Untuk semester pertama ini, pasti banyak dari kalian yang mikirinnya baru sampe UN, belom sampe PTN. Jamin deh! Kalian masih was-was lulus nggaknya dulu. Hayo ngakuuu???? Hehehehe.

Alhamdulillah penulis sudah melalui semua itu. Penulis juga mau memberikan beberapa tips untuk kalian menghadapi semua tantangan tersebut. Jangan sampe kalian terlalu fokus UN sampe untuk kuliah mikirnya "yang penting gue kuliah" atau kalian fokus PTN sampe UN-nya "yang penting gue lulus". Nggak banget deh! Kalo bisa sinergis keduanya, kenapa nggak?

>> Mandiri
Di kelas tiga ini, apalagi semester pertama, biasanya guru-guru
udah pada kayak kelimpungan. Banyak guru yang ingin semua pelajaran kelas tiga dipadetin jadi terkejar satu semester, agar semester dua bisa fokus ke UN. So, dengan begitu penyampaian materi di sekolah jadi gak maksimal. Kalian harus bisa mengubah pola belajar sehingga kalian bisa mandiri dalam mengejar materi tersebut. Guru kalian udah berlari tapi kalian masih jalan santai? I'm sorry goodbye ya...

>> Latihan soal
Banyakin latihan soal. Kalo biasanya di sekolah pola belajarnya adalah teori lalu latihan. Coba dibalik, yaitu jadi latihan lalu teori. Soalnya kalo teori baru latihan kadang kurang efektif karena kadan
g apa yang disoalkan gak ada yang kita pelajari. Tapi kalo kita membaca berdasarkan soal yang kita kerjakan, Insya Allah lebih efektif karena apa yang kita baca langsung nampol ke apa yang kita kerjain. Mulai tuh adaptasi dengan soal-soal UN. Mau maju lagi, mulai buka-buka soal tes PTN.

>> Latihan tanpa buku

Jeleknya kita kadang tuh ketemu soal susah dikit langsung buka buku. Jangan deh! Misalnya ada 50 soal, kalian kerjakan yang kalian bisa dulu. Habis itu baru yang susah kalian pikirin. Kalo udah mentok baru buka buku. Jangan dikit-dikit buka buku. Sekalian kalian refleksi dari soal latihan itu nilai kalian berapa.

>> Manajemen waktu
Seminggu ada tujuh hari. Manajemenkan untuk dibagi rata antara belajar buat PTN dan UN dan tugas-tugas kalo guru kalian masih ngasih.

>> Kemauan tinggi
Seperti kata orang, "You want it, you (may) get it". Kalian mau, kalian (bisa) dapatkan. Kalian harus punya kemauan tinggi untuk mendapat hasil yang bagus. Tapi jangan cuma maunya doang, atau ngomong doang semangat
. Tapi lakukan! Semangat bukanlah sesuatu yang hanya dapat diucapkan, tapi harus ditanam di dalam alam bawah sadar agar mampu diaplikasikan seoptimum mungkin. Kalo ada kemauan aja nggak, yaa....sori yah.

Sedikit curhat nih : Waktu itu penulis dan satu teman penulis bernama Azizi akan menghadapi tes UMB. Semalem sebelum UMB itu ternyata penulis ada acara wisuda dan prom night sampe malem. Alhasil, sehari sebelum UMB itu kami total gak belajar seharian. Tapi alhamdulillah penulis lulus di Sistem Informasi UI dan Azizi di Teknik Kimia UI. Kenapa? Kami sadar, bahwa dua hari sebelum UMB adalah hari terakhir kami bisa belajar dan dateng ke tempat bimbel, maka di hari itu kami total belajar di tempat bimbel ampe sore, sampe jamnya pulang kami gak pulang. Semua soal-soal yang masih bolong diisi. Semua hal yang gak ngerti ditanya ke kakak pengajarnya. Kami memiliki keinginan kuat untuk lulus di UMB setelah PMDK dan SIMAK lewat. Kami bukan
Einstein atau pun Newton, kami cuma dua remaja biasa yang punya kemauan.

>> Punya tujuan jelas dan fokus
Mulai sekarang tentuin deh tuh kalian mau PTN kemana. Mulai sekarang kalian juga mulai siapin strategi biar bisa gol. Jangan bingung! Misalnya kalian udah mantep kedokteran, tentu secara alam bawah sadar kalian akan merubah cara belajar kalian jadi lebih baik. Tapi kalo masih berubah-berubah terus entah karena orang tua, teman, atau bisikan yang lain, akan berpengaruh terhadap semuanya, terhadap usaha dan doa kalian. Kata temen penulis, kita kalo berdoa jangan berdoa, "Ya Allah berikanlah aku yang terbaik.". Doa seperti itu tidak disarankan, kalo mau doa itu yang jelas dan mantap, "Ya Allah berikanlah aku satu kursi di Fakultas Kedokteran UI.". Kalau pun kalian mau meminta yang terbaik, itu pun setelah pilihan kalian kerucutkan melalui shalat istikharah. Nggak tok tok tok gak ada bayangan pasti tau-tau doanya minta yang terbaik.

>> Tetap realistis
Kita jangan ngotot kosong. Misal kita di tes 1 gagal mendapat jurusan yang kita ingin. Kita tetep ngotot mau itu padahal kita tahu jurusan yang kita pengen tuh tinggi banget standar nilainya. Kalo kita ngotot doang tanpa peningkatan usaha : Wassalam. Kita juga harus realistis. Ngaca, sampai sejauh mana kemampuan kita. Buka-buka lagi lembaran masa lalu akademik kita. Sesuaikan, Bung! Kalo kalian tetep ngotot tapi usaha kalian juga nambah ngotot, silahkan saja. Tapi kalo kalian tetep maunya be yourself, disaranin tidak.

>> Hilangkan pesimis
Jangan menyangka kalian gak lulus kalo kalian belum lihat dengan mata kepala kalian sendiri. Coba baca blog penulis tentang "Kita adalah Prajurit".
Tetap optimis sampe palu diketuk.

>> Bikin kelompok belajar

Coba ubah kelompok bermain kalian di kelas dua menjadi kelompok belajar. Sering-sering bahas soal rame-rame biar kalian bisa saling berbagi ilmu juga.

>> Pendinginan
Sekarang (semester 1) mungkin kalian baru pemanasan nih. Semeste
r dua nanti kalian baru akan kepanasan. Saran dari penulis sih, setiap sehari sebelum tes, baik UN atau PTN tuh jangan belajar terlalu keras. Pendinginanlah pada hari itu. Biarkan otak tenang agar keesokan hari tidak tegang. Buka-buka aja lagi soal yang udah dikerjain. Tidak disarankan untuk mengerjakan soal baru pada H-1, kalo kalian berkemauan tinggi, semua soal seharusnya udah ga ada yang bolong jauh-jauh hari. Kalian sudah kepanasan selama beberapa bulan belajar dan belajar untuk seminggu penentuan kalian. Kini dinginkan kepala agar segar ketika hari H.

>> Tetap semangat
Biasanya ini untuk tes PTN. Pada saat tes PTN, kalian akan dihadapkan pada suasana yang cukup thriller. Jurang pemisah antara di pandai dan si bodoh tidak ada. Tidak ada yang dapat dipastikan lulus tes PTN dengan mudah, siapa pun dia. Yang namanya kegagalan akan menjadi kata mungkin kita terima. Ketika kita terpaksa menerimanya, jangan disimpan. Simpan sehari untuk luapkan emosi dan introspeksi, keesokan harinya buang. Jadilah kamu yang baru! Kapal satu lewat masih banyak kapal yang lain yang mampu mengantar kalian menuju pulau impian kalian.

>> Jangan terpengaruh
Jangan terpengaruh sama temen yang suka ngomong, "Gue dapet, padahal gue gak belajar." Jangan didengerin! Biasanya itu cuma bikin kita down dan semangat belajar kita turun. Tetep belajar dengan baik dan percaya Allah akan memberi kalian hal yang setimpal, baik itu sekarang atau nanti.

Demikian yang bisa penulis kasih buat teman-teman, alhamdulillah dengan semua yang penulis tulis di atas penulis mampu mencapai keinginan penulis berrada di SIUI. Semoga berguna buat temen-temen dan ...
KEEP MOVING!


:)

Tulis Komentar Kamu Disini:

1 Komentar untuk "Tips untuk Kamu Kelas 12"
selimutsaid...
August 7, 2015 at 4:21 PM

kalo bisa lulus PTN itu bagus, tp PTN bukan segalanya. Yg penting keseriusan belajar nanti pada waktu kuliah, itu yg paling menentukan.


Post a Comment