Hari Ini

Muse - Why Muse?

Updated at: 8:02 PM. Under Category: Muse

Muse...temanku pernah bertanya kenapa aku begitu suka musik Muse, yang dianggapnya aneh dan frak serta tema-tema liar dan gak biasa yang ditawarkan.

Di situlah titik perbedaan yang membuat Muse terlihat unik dibanding band-band pada umumnya. Selain Muse, beberapa band yang gue suka lainnya pun memiliki ciri khas pada saat gue suka sama mereka.

Misalnya My Chemical Romance, gue suka mereka pas album Three Cheers for Sweet Revenge. Nama album yang benar-benar membuat gue terpukau, apalagi dengan frase 'Sweet Revenge'. Ih waw! Tema-tema kematian begitu lekat dalam abum tersebut. Musik yang gak menye-menye, kalau pun slow yang bener-bener slow, bukan slow menye-menye gitu. Karena udah terlanjur suka, so berlanjut sampe sekarang meski gak bertema yang seperti itu lagi.

Unik. Itu kata kuncinya.
Lagu-lagu gelap penuh magis seperti Megalomania, Ruled by Secrecy, Spiral Static;
lagu-lagu nampol macam Stockholm Syndrome, Plug in Baby, MK Ultra;
lagu-lagu bertema tokcer seperti Map of the Problematique, Uprising, Fury;
lagu-lagu manis seperti Unintended, Falling Away with You, Shine;
lagu-lagu dengan musik ajaib seperti Exogenesis, United States of Eurasia, New Born, Supermassive Black Hole;
bener-bener membuat Muse penuh warna.

Rata-rata para Muser suka Muse setelah mengenal dua lagu, Time is Running Out atau Starlight. Gue sendiri lagu yang pertama gue denger adalah Time is Running Out dari album kompilasi Super Fresh 2 waktu itu.
Karena penasaran, gue beli deh album Absolution-nya Muse yang waktu itu memuat Time is Running Out. Hasilnya, gue sempet kecewa dan aneh mendengar musik Muse yang freak. Ya! Waktu itu selera gue masih selera pasar banget. Hahaha. Apalagi denger Stockholm Syndrome, gue ragu itu tuh lagu keras apa slow?

Gue sempet gak suka Muse pada waktu itu. Namun, secara tanpa sengaja gue melihat sekilas video klip Muse di JakTV. Gue suka sama lagu di video klip itu, tapi gak tau apa namanya. Lantas, gue ambil lagi tuh kaset Muse dan gue denger satu-satu untuk mencari tahu lagu apa yang ada di video klip tersebut.

Karena aktivitas gue yang dengerin satu-satu lagu Muse itulah gue lama-lama suka. Dan, sekarang gue tahu video klip itu adalah video klip Butterflies and Hurricanes.

They're so great!

Semakin ke sini gue semakin klop sama tema-tema dan warna musik Muse sendiri.
Konspirasi, luar angkasa, makhluk asing, dan tema-tema ajaib lain yang jarang diangkat band mana pun.

Kalau ditilik satu-satu makna dari lagu Muse, akan timbul sebuah makna yang selama ini kita anggap sebagai mitos. Pesan-pesan yang ada di dalam setiap lirik yang benar-benar dalam dan membuat kita mawas diri. Dan lainnya.

Tulis Komentar Kamu Disini:

1 Komentar untuk "Muse - Why Muse?"
Unknownsaid...
January 30, 2015 at 7:47 AM

Muse emang band cerdasss, gara2 si Matthew bellamy jagonya !


Post a Comment