Hari Ini

Softskills Bab 10(Manajemen SUmber Informasi (IRM))

Updated at: 4:48 AM. Under Category: Tugas Kuliah


Bab 10

Manajemen Sumber Informasi (IRM)

Pendahuluan.

Peningkatan pemahaman komputer olehpemakai mudahnya pemakai memperoleh hardware dan software memberikan kesadaranterhadap perusahaan bahwa memang dibutuhkan sistem komputerisasi. Sebagaicontoh dua pemakai dalam area yang berbeda ingin mengembangkan sistem secaraserentak untuk menyiapkan laporan yang sama, atau mereka masing-masing membelipaket software yang sama. Maka, sebaiknya manajemen puncak dari perusahaantersebut menetapkan penggunaan komputerisasi dalam organisasinya, yang akanberguna untuk mengetahui pencitptaan sumber informasi dan pengelolaanya.Perencanaan formal untuk manajemen informasi ini disebut Information Reseurcesmanagement (IRM) atau manajemen sumber informasi.





Pembahasan.

Pandangan Tentang IRM

Pengertian dari IRM sendiri ialahKonsep manajemen sumber informasi yang mengenal informasi sebagai sumberorganisasional utama yang harus dikelola dengan tingkat kepentingan yang sama ,seperti sumber organisasional dominan lain seperti orang, keuangan, peralatan& manajemen,.
Informasi  juga merupakan salah satu sumber utama dariperusahaan & dapat dikelola seperti halnya sumber lain.
IRM (information resource management)ini merupakan metodologi siklus hidup yang digunakan untuk menciptakan system yangmenghasilkan informasi yang berkualitas.

Informasi Sebagai Sumber Strategis
Berikutini ialah definisi-definisi dari Informasi sebagai Sumber Strategis:
-        Informasi merupakan salah satu sumber yangdapat menghasilkan keuntungan kompetitif.
Caranya: Dengan memfokuskan pada pelanggan & membangun system informasi yang bisameningkatkan arus informasi antara perusahaan dan elemen yang bisa meningkatkanarus informasi antara perusahaan dan elemen lingkungannya.
-        Arus informasi antara perusahaan danpelanggan:
1.    Informasi yang menerangkan kebutuhan produk
2.    Informasi yang menerangkan penggunaan produk
3.    Informasi yang menerangkan kepuasan produk


Perencanaan Strategis Untuk Sumber Informasi.
Perencanaan strategis merupakanperencanaan yang paling memerlukan perhatian. Karena memerlukan perkiraan yangmatang untuk dapat mencapai tujuan organisasi pada masa sekarang dan akan dating.Gagasan utama dari Perencanaan Strategis adalah adanya hubungan antara tujuanperusahaan secara keseluruhan dengan sumber-sumber informasi. Sumber informasiharus digunakan untuk pencapaian tujuan. Perencanaan yang digunakan ialah TopDown artinya Langkah pertama yang digunakan adalah menentukan tujuan organisasikemudian direncanakan aktifitas setiap unit perusahaan,.




Manajemen Dan Strategi End User Computing.
Tugas perusahan adalah untukmenetapkan kebijaksanaan End User Computing yang memberikan fleksibitas kepadapemakai untuk melakukan inovasi dalam pengunaan computer.namun juga harusmenentapkan kotrol untuk memastikan bahwa penggunaan tersebut mendukung tujuanperusahaan.


Kesimpulan.
Dari artikel yang saya buatdiatas,saya menyimpulkan bahwa di dalam suatu Manajemen itu sangatlah pentinguntuk mendapatkan sebuah Sumber Informasi,karena kalau tidak ada informasi samasaja seperti membangun sebuah pemikiran kosong,jadi Sumber informasi sangatlahdiperlukan dalam Perusahaan untuk mencapai suatu tujuan Perusahaan itu sendiri.

Daftar Pustaka.
http://viyan.staff.gunadarma.ac.id
http://17l1ch4.blogspot.com/2011/09/tugas-10-manajemen-sumber-informasi-irm.html

Tulis Komentar Kamu Disini:

0 Komentar untuk "Softskills Bab 10(Manajemen SUmber Informasi (IRM))"

Post a Comment