Hari Ini Sabtu, 12 April 2025

Tugas Softskills Bab 1(Pengenalan pada Manajemen Informasi)

Updated at: 5:20 AM. Under Category: Tugas Kuliah


BAB 1


Pengenalan Pada Manajemen Informasi.
Ilmu Manajemen Merupakan suatu kumpulan pengetahuan yang disistemisasi,atau di kumpulkan dan diterima kebenerannya. Hal ini di Buktikandengan adanya metode ilmiah yang dapat di gunakan dalam setiao penyelesaianmasalah dlam manajemen. Namun setelah itu, beberapa ahli seperti folletmenganggap manajemen adalah sebuah seni. Hal ini disebabkan olehkepemimpinan,memerlukan,charisma,stabilitas,emosi,kewibawaan,kejujuran,kemampuanmenjalin hubungan antar manusia yang semua itu banyak di tentukan oleh bakatseseorang dan sulit untuk di pelajari.

Pendahuluan.
Latar Belakang masalah.
            SistemInformasi Manajemen yang baik adalah Sistem Informasi yang mampu menyeimbangkanbiaya dan manfaat yang akan di peroleh ,artinya Sistem Informasi Manajemen akanMenghemat Biaya,meningktakan pendapatan serta tak terukur yang muncul dariinformasi yang sangat bermanfaat. Organisasi menyadari apabila mereka cukuprealistis dalam keinginan mereka,cermat dalam merancang dan menerapkan SistemInformasi Manajemen agar sesuai keinginan serta wajar dalam menentukan biayadari titik manfaat yan akan diperoleh, Maka Sistem Informasi Manajemen yang diHasilkan akan memberikan  keuntungan danuang.


Pembahasan.
Pentingnya manajemen informasi dalamperusahaan di sebabkan karena:
1.     Pengaruh Ekonomi internasional
2.     Persaingan dunia
3.     Kendala-kendala Sosial

Meningkatnya kekompleksantugas manajemen bias disebut akibat tuntutan pekerjaan yang terus bertambah danterus menuntut untuk jauh lebih baik lagi. Keberhasilan suatu organisasi dalammencapai tujuannya sangat tergantung pada kemampuan orang yan mengelolaorganisasitersebut. Manajemen sebagai suatu metode yang mengatur, mengelolaorganisasi dapat diartikan sebagai seni melaksanakn sesuatu melalui orang jikamanajemen suatu organisasi baik,maka akan menigkatkan kemakmukran suatu Negara.

Keberadaan alat untukmemecahkan persoalan dalam perusahaan itu sangat penting untuk memudahkan dalampengerjaan pekerjaan. Untuk memudahkan pekerjaan dibutuhkan alat seperticomputer. Gagasan untuk menggunakan computer sebagai system manajemen informasimerupakan suatu terobosan besar,Karen menyadari bahwa para manajer membutuhkaninformasi untuk pemecah masalah.
Peran Manajer dalampengelolaan Manajemen Informasi.
Dalam suatu perusahaanSeorang manajer harus bisa terampil dalam bidangnya. dengan terampil,manajerdapat mengatur atau pun mengelola apa saja yang sedang di butuhkan dalamperusahaan,dan bagaimana untuk mengedepankan perusahaan yang ia pimpin. Makadari itu tidak mudah untuk seorang manajer dalam memimpin suatuperusahaan,Karen di butuhkan Ketekunan dan Terampil,dan masih banyak jugafactor lainnya.
Manajer juga harus tausituasi di dalam system perusahaan,apakah ada masalah,baik besar maupunkecil,yang bertujuan untuk mengetahui perkembangan perusahaan. Seorang Manajeryang berhasil dalam perusahaannya harus dapat memiliki keahlian. Keahlian yangterutama adalah di bidang komunikasi(communication skill), manajer senantiasaberkomunikasi dengan bawahannya,atasannya,dan orang-orang lain baik di dalammaupun di luar perusahaan. Media yang digunakan bisa berupa media tertulisataupun lisan,tetapi setiap manajer memiliki pilihannya tersendiri dan menyusunsuatu paduan media komunikasi yang sesuai dengan gaya manajemennya. Selain itumanajer juga harus bisa mempunyai keahlian Pemecahan Masalah(problemsolving),selama proses pemecahan masalah,manajer terlibat dalam pengambilankeputusan yaitu tindakan memilih dari berbagai alternative tindakan. Padaumumnya,manajer perlu membuat ke[utusan ganda dalam proses memecahkan suatupermasalahan.

     Data dan Informasi dalam Perusahaan.
Dalam suatu perusahaan,pastinya harus mempunyai Sebuah Data,entah data Penting maupun tidak, karenadari data kita bisa mengetahui mengenai informasi atau bagan dari perusahaanitu apa saja,bagaimana,dan siapa saja yang terlibat dalam hubungan perusahaan.Definisi dari data sendiri ialah Kenyataan yang menggambarkan suatukejadian-kejadian dan kesatuan yang secara nyata. Sedangkan informasi ialahdiibaratkan sebagai darah yang mengalir di dalam tubuh manusia,seperti halnyainformasi di dalam sebuah perusahaan yang sangat penting untuk mendukungkelangsungan perkembangannya,sehingga terdapat alasan bahwa informasi sangat dibuthkan bagi perusahaan.
Komputer Sebagai Elemendalam Sistem Komputer.
di Zaman yang sudah serbateknologi ini,komputer adalah komponen utama untuk mengerjakan suatu pekerjaandi hamper semua bidang,maka dari itu setiap orang harus bisa menjalankan systemoperasi dari computer tersebut,apalagi hampir di seluruh Perusahaan-perusahaanmenggunakan perangkat keras ini, yang berfungsi untuk menyimpan data ataupunsebagai membuat data. Dengan ada nya computer,semua pekerjaan bisa di kerjakansecara praktis dan memerlukan waktu yang lebih singkat di banding kitamengerjakan secara manual,contoh nya saja di dalam perangkat keras kita menggunakanaplikasi-aplikasi yang mendukung untuk mengerjakan sesuatu,contohnya saja kitamenggunakan aplikasi Office yang befungsi untuk sebagai media tulisan,membuat table,membuatpresntasi dan lain sebagainya. Bayangkan saja,jika kita membuat secara manualberapa lama waktu yang akan kita selesaikan untuk mengerjakan pekerjaantersebut,tentu lama bukan? Maka dari itulah,kita walaupun sebagai orang yangawam di bidang teknologi,minimal kita harus bisa mengoperasikan Komputer ini,karenarata-rata pekerja yang bekerja di perusahaan itu mahir bermain ataumengoperasikan komputer .

Evolusi Sistem Informasi BerbasisKomputer .

Sistem Informasi Akuntansi (S IA)
Sebuahsistem informasi yang menangani segala sesuatu yang berkenaan dengan
Akuntansi,Fungsipenting yang dibentuk S IA pada sebuah organisasi antara lain:
  • Mengumpulkan dan menyimpan data tentang aktivitasdan transaksi

  • Memproses data menjadiinformasi yang dapat digunakan dalam proses pengambilan keputusan.
Melakukankontrol secara tepat terhadap aset organisasi
ManfaatPenerapan S IA
Menyediakaninformasi yang akurat dan tepat waktu sehingga dapat melakukan
   aktivitas utama pada value chain secara efektifdan efisien.
Meningkatkankualitas dan mengurangi biaya produksi dan jasa yang dihasilkan
Meningkatkankemampuan dalam pengambilan keputusan
Meningkatkansharing knowledge
Menambahefisiensi pada bagian keuangan



Sistem Informasi Manajemen(SIM)
SistemInformasi Manajemen merupakansisteminformasi yangmenghasilkan hasil keluaran (output) dengan menggunakan masukan (input) danberbagai proses yang diperlukan untuk memenuhi tujuan tertentu dalam suatukegiatan manajemen
Sistem informasi Manajemen adalahserangkaian sub sistem informasi yang menyeluruh dan terkoordinasi dan secararasional terpadu yang mampu mentransformasi data sehingga menjadi informasilewat serangkaian cara guna
meningkatkan produktivitas yang sesuai dengan gaya dan sifatmanajer atas dasar kriteria mutu yang telah ditetapkan.

Sistem Pendukung Keputusan (SPK)
Suatusistem yang berbasis computer secara terpadu, yang dirancang untuk membantupara manajer dalam aktivitas sehari-hari. Terutama dalam aktivitas pengambilankeputusan.
Suatuproses memasukkan beberapa aspek dari mekanisme keputusan ke dalam SIM,sehingga pengambilan keputusan pada dasarnya hanyalah
tinggalmemilih saja.
 Siklus SPK
Di dalam prosedur SPK akan terdapat tiga tahapan utama, yaitu:
1. Tahap Deterministik, dalam tahap ini variabel2 yang mempengaruhikeputusan perlu didefinisikan dan saling dihubungkan, perlu dilakukan penetapannilai, dan selanjutnya tingkat kepentingan variabel diukur, tanpa terlebihdahulu memperhatikan ketidakpastiannya.
2. Tahap Probabilistik, tahap penetapan besarnya ketidakpastianyang melingkupi variabel2 yang penting, dan menyatakannya dalam bentuk nilai.
3. Tahap Informasional, meninjau hasil dari dua tahap terdahuluguna menentukan nilai ekonomisnya bila kita ingin mengurangi ketidakpastianpada suatu variabel yang dirasakan penting.

Pendukung Keputusan (Otomatisasi Kantor)
Sebuahrencana untuk menggabungkan teknologi tinggi melalui perbaikan proses pelaksanaanpekerjaan demi meningkatkan produktifitas pekerjaan.
Semuasistem elektronik formal dan informal terutama yang berkaitan dengan
komunikasiinformasi kepada dan dari orang yang berada didalam maupun diluar
perusahaan.

Konsultasi (Sistem Pakar)
Sistempakar adalah suatu program komputer yang mengandung pengetahuandari satu atau lebih pakar manusia mengenai suatu bidangspesifik. Jenis
program ini pertama kali dikembangkan oleh periset kecerdasanbuatan pada dasawarsa1960-an dan 1970-an dan diterapkan secara komersial selama 1980an.
Bentuk umum sistem pakar adalahsuatu program yang dibuat berdasarkan suatu set aturan yang menganalisisinformasi (biasanya diberikan oleh pengguna suatu sistem) mengenai suatu kelas masalahspesifik serta analisis matematis dari
masalah tersebut.
Tergantung dari desainnya, sistempakar juga mampu merekomendasikan suatu rangkaian tindakan pengguna untuk dapatmenerapkan koreksi. Sistem ini memanfaatkan kapabilitas penalaran untukmencapai suatu simpulan.
Upaya Pencapaian Sistem Informasi Berbasis Komputer.

Computer Based Information System (CBIS) atau SistemInformasi Berbasis Komputer merupakan suatu sistem pengolah data menjadi sebuahinformasi yang berkualitas dan dipergunakan untuk suatu alat bantu pengambilankeputusan.
Sistem Informasi “berbasis komputer” mengandung arti bahwa komputer memainkanperanan penting dalam sebuah sistem pembangkit informasi. Dengan integrasi yangdimiliki antar subsistemnya, sistem informasi akan mampu menyediakan informasiyang berkualitas, tepat, cepat dan akurat sesuai dengan manajemen yangmembutuhkannya. Secara teori, penerapan sebuah Sistem Informasi memang tidakharus menggunakan komputer dalam kegiatannya. Tetapi pada prakteknya tidakmungkin sistem informasi yang sangat kompleks itu dapat berjalan dengan baikjika tanpa adanya komputer. Sistem Informasi yang akurat dan efektif, dalamkenyataannya selalu berhubungan dengan istilah “computer-based” atau pengolahaninformasi yang berbasis pada komputer.
Agar suatuperusahaan dapat bersaing dengan perusahaan lain dalam memperkenalkan produkbarang maupun jasa yang dimilikinya kepada konsumen diberbagai belahan dunia,maka dibutuhkan suatu sistem informasi yang tepat agar dapat memberikanpetunjuk aktual tentang kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh setiap komponendalam perusahaan tersebut. Sistem informasi yang tepat, tentunya akanmenghasilkan informasi yang cepat, akurat dan dapat dipercaya. Informasi yang cepat,akurat dan dapat dipercaya tersebut sangat diperlukan dalam rangka pengambilankeputusan keputusan strategis perusahaan untuk dapat semakin maju dan bersaingdi lingkungan yang penuh gejolak ini.
PenerapanSistem Informasi Akuntansi berbasis komputer misalnya, merupakan salah satualternatif jawaban yang tepat jika pihak manajemen menginginkan suatu sumberinformasi yang dapat menghasilkan masukan sesuai yang diinginkannya.
Kesimpulan: 
Dari semua Struktur-struktur diatas,saya menyimpulkan bahwa pda Sistem Informasi Manajemen disuatu perusahaan itu harus berjalan dengan baik,jika ingin mencapai hasil yang maksimal,karena tidak mudah untuk membangun perusahaan dengan mengikuti Sistem Informasi Manajemen. Dan  Peran Manajer juga harus Aktif dan Kreatif dalam Membangun Sistem Informasi Manajemen.

Daftar Pustaka.


http://chaeroniachmad.blogspot.com
Buku Manajemen Sistem Informasi,Zulkifli A M
http://materibelajar.wordpress.com
http://www.ilmukomputer.com
http://id.wikipedia.org/wiki
http://profile.palcomtech.com
http://lily.staff.gunadarma.ac.id
http://ifaljr.wordpress.com

Tulis Komentar Kamu Disini:

0 Komentar untuk "Tugas Softskills Bab 1(Pengenalan pada Manajemen Informasi)"

Post a Comment