BAB 2
Perdaganganmelalui Jaringan Elektronik (E-Commerce)
Pendahuluan
Perdagangan elektronik atau E-commerce adalah penyebaran, pembelian, penjualan,pemesanan barang sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-dagang dapat melibatkan transferdana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventoriotomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.
Industri teknologi informasi melihat kegiatan e-commerce ini sebagaiaplikasi dan penerapan dari e-bisnis (e-business) yang berkaitan dengantransaksi komersial, seperti: transfer dana secara elektronik, SCM (supplychain management), e-pemasaran (e-marketing), atau pemasaran online (onlinemarketing), pemrosesan transaksi online (online transaction processing), pertukaran data elektronik (electronic data interchange /EDI), dll.
e-commerce merupakan bagian dari e-business, di mana cakupane-business lebih luas, tidak hanya sekedar perniagaan tetapi mencakup jugapengkolaborasian mitra bisnis, pelayanan nasabah, lowongan pekerjaan dll.Selain teknologi jaringan www, e-dagang juga memerlukan teknologi basis data atau pangkalan data (databases), e-surat atau surat elektronik (e-mail), dan bentuk teknologi non komputeryang lain seperti halnya sistem pengiriman barang, dan alat pembayaran untuk e-commerceini.
E-dagang pertama kali diperkenalkan pada tahun 1994 pada saatpertama kali banner-elektronik dipakai untuk tujuan promosi dan periklanan disuatu halaman-web (website). Menurut Riset Forrester, perdagangan elektronik menghasilkanpenjualan seharga AS$12,2 milyar pada 2003. Menurut laporan yang lain pada bulanoktober 2006 yang lalu, pendapatan ritel online yang bersifat non-travel di Amerika Serikat diramalkan akan mencapai seperempat trilyundolar US pada tahun 2011.
Pembahasan
Perdaganganmelalui Jaringan Elektronik :
Merupakan Transaksibisnis yang menggunakan akses jaringan, sistem berbasis komputer, dan jaringaninternet.
Manfaat perdagangan melalui jaringan elektronik
· Pelayananpelanggan yang lebih baik.
· Hubungandengan pemsok dan masyarakat keuangan yang lebih baik.
· Pengembalianatas investasi pemegang saham, dan pemilik yang meningkat.
Kendala perdagangan melalui jaringan elektronik
· Biaya Tinggi, maksudnya ialah untuk melakukan atau membukaperdagangan secara online itu sangat membutuhkan biaya yang tidaksedikit,karena itu biasa nya bisnis ini di lakukan oleh kalangan menengahkeatas,tetapi ada juga dari kalangan menengah kebawah untuk menekuni bisnis ini.
· Masalah Keamanan,yang di maksud adalah dalam e-commerce masalahkeamannya masih banyak yang di ragukan,banyak juga yang pihak-pihak nakal yangmengsalah gunakan system seperti ini,dengan menipu si korban untuk melakukanapa saja,maka dari itu ini merupakan kendala yang sangat besar.
· Perangkat lunak yang belum mapan atau tidak tersedia,maksudnyaialah masih banyak aplikasi-aplikasi yang kurang mendukung dalam menjalankanpada e-commerce,dan banyak aplikasinya pun masih terbatas atau sedikit yang dikeluarkan oleh vendor,sehingga ini dapat di katakan sebagai kendala padae-commerce.
Jalan menuju perdagangan melalui jaringan elektronik :
· Mengumpulkan intelijen bisnis.
· Membentuk suatu sistem antar-organisasi (IOS).
Strategi perdaganganmelalui jaringan elektronik.
· SISTEM ANTAR ORGANISASI (Interorganizatonal System-IOS).
· PERTUKARAN DATA ELEKTRONIK (Electronic Data Interchange – EDI).
· EXTRANET.
· TRANSFER DANA secara ELEKTRONIK (Electronic Fund Transfer –EFT).
Merupakan,Suatu kombinasi perusahaan-perusahaan yang terkaitsehingga mereka berfungsi sebagai satu sistem tunggal.
· Manfaat IOS (Intra Organizational system)
Manfaat IOS di bagi menjadi dua yakni,secaralangsung dan tidak langsung. Berikut ini adalah pengertian dari keduanya :
Manfaat secara langsung IOS :
Efisiensi komparatif, dapat menyediakan barang dan jasa lebihmurah dari pesaing
· Efisiensi internal, perbaikan-pebaikan dalam perusahaan.
· Efisiensi antar-organisasi, perbaikan-perbaikan yang diperolehmelalui kerjasama dengan perusaahaan lain.
Kekuatan tawar menawar, kemampuan suatu perusahaan untukmenyelesaikan perselisihan dengan pemasok dan pelanggan yang menguntungkandirinya. Kekuatan itu berasal dari tiga metode dasar:
· Keistimewaan produk yang unik.
· Penurunan biaya yang berhubungan dengan pencarian.
· Peningkatan biaya peralihan.
Manfaatsecara tidak langsung IOS :
· Mengurangi kesalahan.
· Mengurangi biaya.
· Meningkatkan efisiensi operasional.
· Meningkatkan kemampuan bersaing.
· Meningkatkan hubungan dengan mitra dagang.
· Meningkatkan pelayanan pelanggan.
Pertukaran data elektronik (EDI).
adalah pertukaran langsung dokumen-dokumen bisnis dari komputerke komputer, seperti order pembelian dan order penjualan.
HubunganEDI yang umum.
Membentuk kaitan antara perusahaan dan pemasoknya (supply side)dan kaitan antara perusahaan dengan pelanggan (customer side)
Set transaksi adalah suatu jenis dokumen tertentu seperti faktur.
EDI memungkinkan terjadinya Pengisian Kembali Persediaan oleh Penjual danTransfer Dana secara Elektronik.
Set transaksi adalah suatu jenis dokumen tertentu seperti faktur.
EDI memungkinkan terjadinya Pengisian Kembali Persediaan oleh Penjual danTransfer Dana secara Elektronik.
Standar EDI.
Standar yang digunakan di Amerika Utara dinamakan ANSI ASC X12.Standar Internasional dinamakan EDIFACT.
Tingkatpenerapan EDI.
Tiga tingkatpenggunaan yang berbeda, yaitu :
1. Pemakai tingkat satu, hanya satu atau dua set transaksi yangditransmisikan ke sejumlah mitra dagang yang terbatas.
2. Pemakai tingkat dua, banyak set transaksi yang ditransmisikan kesejumlah mitra dagang, melampaui lini industri.
3. Pemakai tingkat tiga, bukan Cuma banyak set transaksi yang ditransmisikanke banyak mitra dagang, tetapi aplikasi computer perusahaan disesuaikan denganpendekatan EDI.
Tujuan tingkat satu dan dua adalah mengubah dokumen kertas menjadi elektronik.
Pengaruh Penerapan EDI :
- Tekanan Pesaing.
- Kekuasaan yang dilaksanakan.
- Kebutuhan Intern.
- Dukungan manajemen puncak.
1. Pemakai tingkat satu, hanya satu atau dua set transaksi yangditransmisikan ke sejumlah mitra dagang yang terbatas.
2. Pemakai tingkat dua, banyak set transaksi yang ditransmisikan kesejumlah mitra dagang, melampaui lini industri.
3. Pemakai tingkat tiga, bukan Cuma banyak set transaksi yang ditransmisikanke banyak mitra dagang, tetapi aplikasi computer perusahaan disesuaikan denganpendekatan EDI.
Tujuan tingkat satu dan dua adalah mengubah dokumen kertas menjadi elektronik.
Pengaruh Penerapan EDI :
- Tekanan Pesaing.
- Kekuasaan yang dilaksanakan.
- Kebutuhan Intern.
- Dukungan manajemen puncak.
Manfaat EDI.
Pemanfaatan EDI di Indonesia nampaknya masih belum mengalamipertumbuhan dan perkembangan yang signifikan. Masih sangat jarang yangmemanfaatkan system ini sebagai salah satu komponen teknologi informasi.Definisi EDI sendiri ialah pertukaran data secara elektronik antar perusahaandengan menggunakan format data standar yang telah disepakati bersama.
Dengan EDI ini perusahaan akan lebih mudah dalam melakukan pertukaran data baikdidalam internal organisasi ataupun dengan pihak stakeholder. Berikut ini ialahkeuntungan yang akan didapatkan organisasi jika menerapkan EDI.
Dengan EDI ini perusahaan akan lebih mudah dalam melakukan pertukaran data baikdidalam internal organisasi ataupun dengan pihak stakeholder. Berikut ini ialahkeuntungan yang akan didapatkan organisasi jika menerapkan EDI.
* Penghematan Biaya : Penghematan ini didapatkan karenadengan EDI tidak akan ada biaya kertas, tidak ada biaya penyimpanan dokumenkertas dan tidak akan ada biaya pengiriman dokumen kertas.
* Kecepatan : Kecepatan ini didapatkan karena dengan EDI leadtime pengirimandokumen hanya kurang dari 1 menit.
* Keakuratan : EDI akan mampu menghasilkan tingkat akurasi tinggi karena tidakada entry data ulang. Selain itu sistem EDI sudah dilengkapi dengan ECC (ErrorCorrection Control) yang akan mengidentifikasi kesalahan dengan cepat sehinggadapat segera diperbaiki.
* Keamanan : Penggunaan enkripsi dokumen membuat dokumen hampir tidak bisadipalsukan.
* Integrasi : Integrasi antar sistem dapat dilakukan dengan perantara EDI.Setiap unit didalam organisasi akan terintegrasi dengan adanya EDI didalamnyasehingga proses menjadi lebih efisien.
* Kecepatan : Kecepatan ini didapatkan karena dengan EDI leadtime pengirimandokumen hanya kurang dari 1 menit.
* Keakuratan : EDI akan mampu menghasilkan tingkat akurasi tinggi karena tidakada entry data ulang. Selain itu sistem EDI sudah dilengkapi dengan ECC (ErrorCorrection Control) yang akan mengidentifikasi kesalahan dengan cepat sehinggadapat segera diperbaiki.
* Keamanan : Penggunaan enkripsi dokumen membuat dokumen hampir tidak bisadipalsukan.
* Integrasi : Integrasi antar sistem dapat dilakukan dengan perantara EDI.Setiap unit didalam organisasi akan terintegrasi dengan adanya EDI didalamnyasehingga proses menjadi lebih efisien.
Teknologi perdagangan melalui jaringan elektronik.
Pilihan Teknologi :
1. Sambungan Langsung (direct connectivity), bekerja sama dengan penyedia jasatelekomunikasi.
2. Jaringan Bernilai Tambah ( value-added network), jaringan ini disediakanoleh penjual yang bukan hanya menyediakan sirkuit tetapi juga menyediakanbanyak jasa yang diperlukan untuk menggunakan sirkuit itu bagi EDI.
3. Internet, memungkinkan suatu jaringan komunikasi global yang tidak hanyamenghubungkan para mitra dagang tetapi juga mencakup para pelanggan.
1. Sambungan Langsung (direct connectivity), bekerja sama dengan penyedia jasatelekomunikasi.
2. Jaringan Bernilai Tambah ( value-added network), jaringan ini disediakanoleh penjual yang bukan hanya menyediakan sirkuit tetapi juga menyediakanbanyak jasa yang diperlukan untuk menggunakan sirkuit itu bagi EDI.
3. Internet, memungkinkan suatu jaringan komunikasi global yang tidak hanyamenghubungkan para mitra dagang tetapi juga mencakup para pelanggan.
Kesimpulan
Berdasarkan data seperti yang diatas dapat di katakanaE-commerce ataupun Perdagangan Melalui jaringan elektronik itu mempunyai nilaiatau daampak positif dan negative nya,maka dari itu kita sebgai orang IT harusbisa Mencari Informasi-informasi penting jika kita akan melakukan PerdaganganMelalui jaringan elektronik ini.
Daftar Pustaka.
http://wartawarga.gunadarma.ac.id
http://id.wikipedia.org/wiki
Tulis Komentar Kamu Disini:
0 Komentar untuk "Bab 2 (E-COMMERCE)"Post a Comment